BMW telah menjadi vendor resmi Safety Car MotoGP sejak tahun 1999 namun belum mengikuti kompetisi balap motor papan atas. Hal itu mungkin berubah di masa depan, menurut CEO Motorrad Markus Flasch. Kata mantan bos M kepada majalah Jerman Motorrad divisi roda dua secara aktif mempertimbangkan upaya yang didukung pabrikan di MotoGP.

“Tetapi jelas bahwa hal ini harus masuk akal bagi kami, dan itulah mengapa kami mencermatinya. Saya tidak akan mengesampingkannya.”

olahraga motor berspekulasi BMW Motorrad kemungkinan tidak akan bergabung dengan MotoGP paling cepat hingga musim 2027 karena pada tahun itulah peraturan baru akan diperkenalkan. Sepeda motor akan beralih dari mesin 1.000 cc yang ada ke unit lebih kecil 850 cc yang dirancang untuk menggunakan bahan bakar yang sepenuhnya ramah lingkungan.

Sementara itu, BMW Motorrad sedang melakukan beberapa perubahan manajemen yang penting karena bos balap saat ini Marc Bongers akan mengerahkan seluruh upayanya ke WSBK mulai Juni 2024. Sebagai gantinya, Motorrad telah menunjuk Sven Blusch untuk mengambil alih tim balap tersebut. Flasch ingin menegaskan bahwa perombakan manajemen ini “tidak akan membuat keputusan untuk satu seri atau seri lainnya berprasangka buruk,” seraya menambahkan bahwa WSBK tidak mewakili “satu-satunya pilihan.”

Meskipun divisi mobil jalan raya telah meluncurkan model M (dari Motorsport) sejak tahun 1970-an, baru pada tahun 2020 sepeda motor M perdana mulai dikenal. M 1000 RR dirilis hampir 100 tahun setelah R32 – sepeda motor BMW pertama. Mobil M telah berlomba selama beberapa dekade di berbagai kompetisi di seluruh dunia, dan sepertinya sepeda motor tersebut akhirnya akan memasuki balap motor kelas atas pada akhir dekade ini.

BMW Group telah mengintensifkan program motorsportnya dengan kembali ke balap ketahanan dengan M Hybrid V8. Ini memulai debutnya tahun lalu di kelas GTP IMSA dan mulai tahun 2024, ia juga balapan di WEC, artinya kita akan melihatnya akhir tahun ini di Le Mans di mana V12 LMR berjaya 25 tahun lalu.

Sumber: Motorrad (perlu berlangganan) melalui Motorsport