Salah satu rintangan terpenting yang coba diatasi oleh produsen mobil adalah menurunkan biaya produksi kendaraan listrik agar sesuai dengan margin keuntungan mobil yang dilengkapi mesin pembakaran. Perjalanan masih panjang karena harga baterai masih mahal, namun CEO BMW yakin titik kritisnya bisa terjadi pada akhir dekade ini.

Berbicara dengan Di dalamEV setelah peluncuran perdana konsep Vision Neue Klasse X minggu ini, Frank Weber mengatakan kendaraan listrik akan sama menguntungkannya dengan ICE. Nah, pada akhirnya: “Setelah ini berada dalam volume tinggi—yang berarti sangat sulit untuk mendapatkan hal ini sejak hari pertama—ketika semuanya berjalan lancar dan berjalan pada kapasitas yang dirancang, maka Anda akan melihat paritas margin. [or] tingkat profitabilitas yang sama dengan mesin pembakaran.”

Keseimbangan biaya akan tercapai suatu saat nanti bukan hanya karena biaya produksi kendaraan listrik diperkirakan akan turun. Peraturan emisi yang lebih ketat akan memaksa para pembuat mobil untuk merekayasa ulang mesin pembakaran mereka agar bekerja lebih bersih, namun hal ini akan membuat mereka mengeluarkan lebih banyak uang. Euro 7 mulai berlaku pada tahun 2030 di Uni Eropa, sementara di Amerika Serikat, produsen mobil harus mengurangi separuh emisi gas rumah kaca mereka pada tahun 2032.

Mengenai kapan produksi Neue Klasse akan berjalan lancar, hal itu baru akan terjadi sekitar tahun 2027. Urutan pertama yang harus dilakukan adalah memulai perakitan iX3 di pabrik baru di Debrecen pada pertengahan tahun 2025 sebelum sedan i3 tiba dari Munich. pabrik pada tahun 2026. Pabrik di Cina, Meksiko, dan satu lagi di Jerman (Regensburg) akan menyusul.

Kedatangan Neue Klasse tahun depan bukan berarti akhir dari kendaraan listrik berbasis platform yang juga digunakan oleh mobil yang dilengkapi mesin pembakaran. Ada laporan bahwa kendaraan listrik generasi berikutnya pada CLAR yang ada sedang dalam pengerjaan. Faktanya, BMW telah secara resmi mengumumkan akan merakit setidaknya enam EV di Spartanburg pada tahun 2030. Namun, belum ditentukan mana yang akan menggunakan CLAR dan yang mana di Neue Klasse.

Sumber: InsideEVs