“G09” kemungkinan akan tercatat dalam sejarah sebagai nama kode internal untuk salah satu BMW paling kontroversial. Begitulah cara tim teknik merujuk pada XM, SUV hybrid plug-in dengan desain mencolok dan banderol harga kolosal. Tidak seperti model X lainnya sebelumnya, mastodont berlistrik ini pasti jatuh ke tangan spesialis aftermarket yang ingin menyesuaikan monster M.

AC Schnitzer telah mengambil langkah dalam memodifikasi XM dan mereka telah memberinya body kit yang tersembunyi meskipun kendaraan itu sendiri sama sekali tidak halus. Canard depan pada mobil jalanan belum tentu menjadi favorit kita, terutama pada kendaraan sebesar SUV fullsize ini. Tuner Jerman ini juga memasang bibir spoiler tebal di bagian depan dan spoiler belakang yang dipasang di atap untuk memperkuat M brute lebih jauh. Selain itu, diffuser mendapat sirip ekstra vertikal, diapit oleh tumpukan ujung knalpot asli.

XM sekarang lebih mirip hatchback ekstra besar daripada SUV karena AC Schnitzer telah menurunkan kendaraan sebesar 25 milimeter (1 inci). Ia telah mengganti velg OEM dengan velg 23 inci dengan tampilan dua warna atau finishing serba hitam, kontras dengan kaliper rem merah yang tersembunyi di belakang. Velg baru ini dibalut ban depan berukuran 295/35 ZR23 dan ban belakang 335/30 ZR23.

Gambar interiornya belum diberikan tetapi kita tahu BMW XM yang ditipu banyak menggunakan aluminium. Ini tidak hanya mencakup pedal akselerator dan rem serta pijakan kaki tetapi juga pedal perpindahan gigi dan bahkan kenop putar pengontrol iDrive.

Ini tidak akan menjadi paket penyetelan yang lengkap tanpa beberapa mod di balik kap mesin yang mengesankan. AC Schnitzer mengupgrade XM reguler dengan mesin V8, yang diposisikan di antara XM 50e enam segaris dan Label XM yang lebih bertenaga. Varian tingkat menengah yang digambarkan di sini menghasilkan tenaga 644 hp dan 800 Nm (590 lb-ft) dari pabriknya, tetapi sang tuner telah bekerja keras untuk menghasilkan tenaga 740 hp dan 900 Nm (664 lb-ft). Ingatlah bahwa angka keluaran ini memperhitungkan motor listrik.

AC Schnitzer mengikuti perusahaan tuning lain yang pernah mengerjakan XM, seperti Manhart, Renegade Design, Mansory, dan Larte Design.

Sumber: AC Schnitzer