Suka atau tidak suka, jajaran mobil listrik generasi mendatang Neue Klasse akan berdampak pada penampilan kendaraan berbahan bakar bensin dan diesel yang biasa dimiliki BMW. Pengungkapan penting tersebut disampaikan oleh Kepala Desain BMW i, Kai Langer, dalam wawancara dengan majalah Australia Panduan Mobil. Hal ini seharusnya tidak mengejutkan karena sebuah produsen mobil bercita-cita untuk menawarkan bahasa desain yang kohesif di seluruh jajaran produknya, bahkan jika portofolionya sama besarnya dengan BMW.

“Jika kita melihatnya di produk ICE – kita akan melihatnya di seluruh produk BMW. Karena itu seperti filosofi yang membawa kita menuju masa depan secara umum. Terkait solusi desain spesifik yang dapat Anda temukan dalam arsitektur baru, beberapa di antaranya mungkin dilakukan dengan arsitektur baru karena memungkinkan kita melakukannya. [things] seperti ini benar. Namun secara umum, tujuan kami juga…untuk memiliki bahasa desain yang koheren di seluruh produk kami.”

Membaca yang tersirat, beberapa isyarat desain yang akan kita lihat pada mobil Neue Klasse pada akhirnya akan menular pada kendaraan bermesin pembakaran. Namun, akan ada beberapa ciri gaya yang eksklusif untuk model berbasis NK karena mobil ini akan menggunakan platform listrik khusus. Fondasi EV yang dipesan lebih dahulu biasanya memberikan lebih banyak kebebasan kepada desainer saat merancang mobil baru. Menghilangkan terowongan transmisi membuat segalanya lebih mudah, itulah sebabnya kendaraan listrik khusus cenderung memiliki jarak sumbu roda yang lebih panjang, overhang yang lebih pendek, dan lantai yang rata.

Selain desain, beberapa teknologi yang ditampilkan pada sedan Vision Neue Klasse dan konsep crossover Vision Neue Klasse X akan diterapkan pada mobil ICE. iDrive X dengan layar tengah yang besar kemungkinan akan hadir pada kendaraan bertenaga konvensional, begitu pula dengan tampilan head-up generasi berikutnya. Yang terakhir ini dikenal dengan nama Panoramic Vision dan membentang hampir di seluruh lebar dasbor, menutupi dasar kaca depan dari satu sudut ke sudut lainnya. Ada juga rumor bahwa BMW mungkin memasang layar hanya untuk penumpang depan di mobil Neue Klasse tetapi terlalu dini untuk mengatakan apakah fitur ini akan hadir pada model berbasis CLAR.

BMW akan memasuki era baru elektrifikasi pada tahun 2025 ketika Vision Neue Klasse X akan berubah menjadi iX3 generasi berikutnya. Berbeda dengan model saat ini yang dibuat di Tiongkok, penggantinya akan datang langsung dari Hongaria. Sedan i3 akan menyusul pada tahun 2026 dari pabrik Munich.

Sumber: Panduan Mobil