Kami akhirnya mendapatkan BMW Art Car baru pada tahun 2024, tetapi hingga M Hybrid V8 debut pada 21 Mei, Anda dapat melihat proyek yang jauh lebih tua dengan mengunjungi BMW Welt di Munich. Art Car #5 yang ditulis oleh profesor seni Wina Ernst Fuchs telah mendarat di museum di Jerman dan akan dipajang dalam waktu terbatas. Ini didasarkan pada 635 CSi cantik dari era E24, dan seperti yang Anda bayangkan, kondisinya sempurna.

635 CSi adalah BMW Art Car pertama yang berdasarkan model produksi dan pertama kali dibuat oleh seniman Eropa. Itu dimaksudkan hanya sebagai sebuah karya pameran sejak hari pertama, menerima nyala api pada tubuh hitam. Pada masa itu, pelukis Austria ini mengatakan bahwa proyek seni ini memungkinkannya untuk “mengekspresikan berbagai pengalaman, ketakutan, keinginan, dan permohonan, serta kebebasan estetis dan artistik.

Sama seperti mobil itu sendiri, Ernst Fuchs memberikan gambaran yang penuh warna tentang bagaimana ia mendapatkan inspirasinya: “Seekor kelinci terlihat berlari melintasi jalan raya pada malam hari dan melompati mobil yang terbakar — ketakutan mendasar dan mimpi berani untuk mengalahkan dimensi di dalamnya. yang kita jalani. Ini memberi tahu saya warna mana yang harus dipilih. Saya membaca garis-garisnya, bentuknya dan saya dapat mendengar panggilannya untuk mempercepat. Saya melihat kelinci cantik ini melompati api cinta — mengalahkan rasa takut itu sendiri.”

BMW 635 CSi sebenarnya tidak pernah digunakan sebagai mobil. Setelah debutnya dalam pameran “Seni sebagai Ilustrasi — Ilustrasi sebagai Seni” pada tahun 1982, pameran ini hanya berfungsi sebagai pameran statis di berbagai tempat. Sang seniman memberi judul karya seninya sebagai “Firefox on Harehunt.”

Lahir pada tahun 1930, Ernst Fuchs bersekolah di Sekolah Lukisan St. Anna dan Akademi Seni Rupa Wina. Pelukis Austria ini memiliki 16 anak. Dia meninggal pada November 2015 pada usia 85 tahun.

Sumber: BMW Welt / Instagram